Indikator
  • Undercontruction

Ritual Melaspas, Rangkaian Akhir Pembangunan Patung GWK

Home / Peristiwa - Daerah / Ritual Melaspas, Rangkaian Akhir Pembangunan Patung GWK
Ritual Melaspas, Rangkaian Akhir Pembangunan Patung GWK Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). (FOTO: Istimewa)

BIMATIMES, DENPASAR – Sebagai penutup dalam penyelesaian pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK), PT Alam Sutera Realty Tbk. (Alam Sutera) mengadakan ritual Melaspas hari ini di GWK Cultural Park, Ungasan, Badung, Bali, Rabu (8/8/2018).

Melaspas merupakan ritual pensucian menurut agama Hindu Dharma, untuk ‘membersihkan’ bangunan secara Niskala. Umat Hindu meyakini adanya alam Sekala, yakni alam nyata yang bisa dilihat dengan mata sebagai wujud fisiknya dan juga alam Niskala, yakni alam yang tidak bisa dilihat dengan mata tetapi dapat dirasakan adanya.

Alam Niskala ini diyakini memberikan kekuatan berupa spirit atau roh kepada alam Sekala sehingga Alam Sekala dan Alam Niskala dipandang sebagai sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dan saling melengkapi sehingga akan memunculkan Taksu atau keseimbangan kekuatan spiritual yang dapat membawa kebaikan.

Ritual Melaspas akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Bapak Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan. Presiden Komisaris PT Garuda Adhimatra Indonesia, Mayjen TNI (Purn.) Sang Nyoman Suwisma, serta Bapak Haryanto Tirtohadiguno, Presiden Komisaris Alam Sutera Group.

Ritual Melaspas menjadi bagian akhir dari rangkaian ritual upacara adat Pasupati yang telah digelar sebelumnya di Pelataran Gedung Pedestal Patung GWK dalam rangka pemasangan Mahkota Patung GWK, pada Mei 2018.

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com