Indikator
  • Undercontruction

Gandeng NU Peduli, Konjen RRT Kunjungi Korban Gempa Lombok

Home / Peristiwa - Daerah / Gandeng NU Peduli, Konjen RRT Kunjungi Korban Gempa Lombok
Gandeng NU Peduli, Konjen RRT Kunjungi Korban Gempa Lombok Rombongan Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) saat menyambangi Posko NU Peduli di Kota Mataram, NTB. (FOTO: NU Peduli for TIMES Indonesia)

BIMATIMES, MATARAMKonjen RRT (Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok) Gou Haodong bersama rombongan Konsulat RRT Denpasar didampingi jajaran Nahdatul Ulama Peduli atau NU Peduli, mengunjungi sejumlah lokasi korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami datang untuk meninjau lokasi korban gempa di Lombok, untuk lebih mengetahui kondisi dan juga apa saja yang dibutuhkan," kata Gou Haodong, di Mataram, Senin (10/9/2018).

Gou Haodong menyampaikan, sejak gempa bumi terjadi di Lombok, Pemerintah Tiongkok sudah memberikan bantuan logistik dan tanggap darurat melalui berbagai model distribusi.

Selain bantuan Government to Government (G to G), lanjutnya, pihak swasta dan masyarakat Tiongkok juga terpanggil menyalurkan bantuan untuk para korban gempa Lombok, salah satunya melalui Posko NU Peduli

Menurut Gou Haodong, pasca kunjungan lapangan nanti akan dilakukan evaluasi terhadap bantuan dan donasi yang akan disalurkan selanjutnya.

"Kami akan evaluasi apa saja kebutuhan korban gempa saat ini, agar bantuan bisa lebih tepat sesuai apa yang dibutuhkan," ucapnya. 

Sementara, Ketua Tim  NU Peduli, Baiq Mulianah mengatakan, sejauh ini bantuan dari Tiongkok sudah disalurkann NU Peduli ke sejumlah lokasi korban gempa di Lombok Utara, Lombok Timur, dan Lombok Barat.

"Pendekatan bantuan ini kami bagi menjadi enam klaster, mulai dari logistik penanganan pengungsi, kesehatan, pendidikan, sampai ke tahap trauma healing," tuturnya.

Selain dari masyarakat, kata Baiq, bantuan juga berasal dari 5 perusahaan di Tiongkok, termasuk dari Bank of China.

"Donasi dan bantuan dari pemerintah dan swasta di RRT sudah kami salurkan dan hari ini juga ada bantuan donasi yang diserahkan secara simbolik," ucapnya.

"Jadi, total bantuan yang sudah disalurkan sekitar Rp500 juta. Namun secara keseluruhan bisa lebih karena bantuan berupa logistik seperti sembako, terpal, kebutuhan anak dan wanita, dan lain sebagainya," sambung Baiq.

Sebelum kunjungan ke lokasi korban gempa Lombok, Konjen RRT Gou Haodong juga menyalurkan donasi simbolik di Posko NU Peduli, di Universitas NU, Kota Mataram. Dalam kesempatan tersebut pula perusahaan mobil Tiongkok, Sokon (DongFeng Sokon/ DFSK) memberikan bantuan satu unit mobil operasional untuk NU Peduli. (*)

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com