Indikator
  • Undercontruction

Dari Desa untuk Indonesia: Madu Desa Batudulang Sumbawa yang Lezat

Home / Ekonomi / Dari Desa untuk Indonesia: Madu Desa Batudulang Sumbawa yang Lezat
Dari Desa untuk Indonesia: Madu Desa Batudulang Sumbawa yang Lezat ILUSTRASI: Madu Sumbawa. (FOTO: Pesona Lombok Sumbawa)

BIMATIMES, SUMABAWA – Banyak hal menarik dan luar biasa jika kita menelusuri desa. Melalui dana desa, banyak manfaat langsung yang bisa dirasakan masyarakat kampung. Seperti halnya Madu Desa Batudulang, Kecamatan Batu Lanteh, Sumbawa, NTB. Benar-benar merasakan dari desa untuk Indonesia. Berikut laporannya dari berbagai sumber.

Madu hutan Sumbawa. Mendengar namanya saja, pikiran langsung melayang betapa lezat rasanya. Warnanya yang kekuningan menambah air liur tak berhenti menetes.

 Ini pula yang bisa kita mencicipi madu hutan produksi Desa Batudulang, Kecamatan Batu Lanteh, Sumbawa, NTB. Kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Proses produksinya yang higienis, pengemasannya yang rapi, dan komitmen petaninya yang menjaga kelestarian alam menjadikan madu Desa Batudulang terkenal ke seantero nusantara. Potensinya pun dilirik banyak kalangan.

Dilansir dari laman resmi Kemendes PDTT, terjaganya kepercayaan konsumen terhadap Madu Desa Batudulang tidak lepas dari kekompakan dan kreativitas petani madu setempat yang dikenal dengan komunitas hutan lestari. Komunitas inilah yang menjadikan madu di desa Batudulang terpenuhi secara skala ekonomi.

"Permintaan madu terlalu besar. Makanya kami berinisiatif mendirikan komunitas ini agar hasil panen dikumpulkan dan diolah menjadi satu, sehingga skala produksinya menjadi besar," ujar M. Junaidi Jen, Ketua Komunitas Hutan Lestari di Desa Batu Dulang, Sumbawa, pada Digital Citizen Journalist (DJ) TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id).

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com