Indikator
  • Undercontruction

PLN Gratiskan Biaya Penyambungan Listrik Korban Gempa Lombok dan Sumbawa

Home / Peristiwa / PLN Gratiskan Biaya Penyambungan Listrik Korban Gempa Lombok dan Sumbawa
PLN Gratiskan Biaya Penyambungan Listrik Korban Gempa Lombok dan Sumbawa Petugas PLN sedang memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat gempa di Lombok. (FOTO: Humas PLN NTB for TIMES Indonesia)

BIMATIMES, MATARAM – Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan penyambungan listrik gratis untuk korban gempa Lombok dan Sumbawa. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap para korban gempa bumi. 

Direktur Bisnis Regional Jawa Timur Bali dan Nusa Tenggara  Djoko R Abumanan menyampaikan bahwa rumah-rumah yang terdampak gempa, PLN telah melakukan pendataan rumah warga, pengamanan kabel Sambungan Rumah (SR) agar aman.

Djoko mengatakan, gempa juga merusak sistem kelistrikan di kedua pulau tersebut, sebagian besar kondisi kwh meter sudah tidak dapat digunakan lagi karena rusak tertimpa bangunan. 

"Ada kwh yang masih terpasang di bangunan namun dalam kondisi rusak dan telah diamankan di kantor PLN," katanya, di Mataram, Jum'at (14/9/2018).

Ia mengatakan, selain ratusan aset PLN mengalami kerusakan, terutama pada jaringan Distribusi Tegangan Menengah, Tegangan rendah serta Saluran Rumah dan Alat Pengukur dan Pembatas (SR APP). 

Dampak imaterial, lanjutnya, ribuan pelanggan PLN tidak bisa menikmati aliran listrik dikarenakan jaringan PLN mengalami kerusakan akibat gempa. 

"Alhamdulilah, kondisi saat ini seluruh Jaringan listrik telah diperbaiki dan seluruh masyarakat khususnya yang ada di pengungsian sudah bisa menikmati listrik kembali," ucapnya.

"Nah untuk selanjutnya apabila rumah baru telah selesai dibangun dan hendak disambung listriknya kembali, maka proses penyambungan baru dan penyalaan akan dilakukan oleh PLN dan dibebaskan dari Biaya Penyambungan (BP) alias gratis bagi korban gempa Lombok dan Sumbawa," kata Djoko R Abumanan. (*)

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com